Thursday, March 5, 2009

Kunci Pembuka Gerbang Kebahagiaan to Personal Happiness

Seiring perkembangan zaman, banyak aspek, terutama ilmu pengetahuan dan teknologi, mengalami kemajuan pesat. Namun fakta ini berbanding terbalik dengan ranah kejiwaan umat manusia, di mana banyak individu justru kian sulit menemukan kebahagiaan. Berangkat dari kenyataan ini, lewat The Art of Happiness, KA Khavari mencoba menggugat konsep-konsep kebahagiaan semu dan menyuguhkan tesis baru yang tajam tentang sifat manusia dan pencarian ketenangan ruhaniah yang tiada henti.

Sebagai ramuan psikologis dan spiritual tentang potensi manusia untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidup dengan latihan-latihan praktis serta kisah-kisah dan metafora-metafora, karya ini menjadi panduan yang berharga dan menggugah pikiran guna menggapai posisi happiness. Buku ini mengupas berbagai persoalan yang terkait dengan perkembangan dan kebahagiaan personal serta memaparkan ide-ide baru dan metode yang tepat untuk meraihnya.

Dalam buku yang dalam versi Inggris diterbitkan White Mountan Publications (2000) ini, Khavari memadukan aneka teori, hasil riset, dan sastra dari berbagai perspektif dan tradisi kultural untuk merangkai sebuah argumen yang kukuh dan menggugah perihal urgensi hidup sebagai makhluk yang cerdas secara spiritual. Dia menganjurkan keseimbangan antara perburuan materi dan pengembangan intelektual, emosional dan batiniah untuk meraih kebahagiaan dalam segala kondisi.

Beragam kisah, tamsil, metode tes dan pelatihan praktis yang disajikan merupakan langkah awal signifikan untuk melakoni hidup dengan kecerdasan spiritual.

Buku ini mendapat pujian dari sejumlah guru besar luar biasa psikiatri di beberapa perguruan tinggi ternama dunia, mulai dari Prof MD David Spiegel dari Universitas Stanford, June Medsen Clausen PhD dari Universitas San Fransisco, Amerika Serikat, sampai AM Ghaderian MD FRCP dari Universitas McGill, Kanada.

Buku ini mengajak siapa pun untuk menggali kekayaan spiritual dalam diri pribadi. Banyak alat praktis yang ditawarkan untuk pencerdasan spiritual seperti menguji kadar kemarahan, 69 cara mengelola stres, mengatur pola makan; resep menyikapi perasaan orang lain, pelatihan senyum, tertawa, validasi diri, membersihkan emosi; berpetualang di zona kesenangan; menyucikan pikiran, mengatasi perasaan-perasaan terluka; menaklukkan amarah dan mengurangi kecemasan.

Anda berjiwa tenang dan tak mudah terguncang? Selamat menyemarakkan kebagiaan lewat karya Dr KA Khavari ini. Atau, Anda justru mudah stres, cemas dan marah? Tak perlu ke mana-mana, periksakan kesehatan psikologis Anda melalui buku ini. Anda akan beroleh alasan waskita untuk senantiasa bahagia, dalam keadaan apa pun.

Banyak teori psikologi dan hasil penelitian mutakhir yang bisa dinikmati, tanpa mengernyitkan dahi. Selingan dongeng rakyat dan kearifan religius di buku ini juga niscaya membawa Anda dalam keasyikan membacanya.

Bahagia itu pilihan, begitu pula derita. Keduanya bersumber dari batin, bukan dari orang lain atau benda-benda di luar diri pribadi. Kekayaan, kekuasaan dan ketenaran bisa menjadi sumber kebahagiaan, namun juga bisa menjadi biang penderitaan. Musibah dan bencana bisa menumbuhkan kearifan, bisa pula melahirkan keputusasaan. Semua bergantung pada kedewasaan dan keuletan batin.

Kedewasaan psikologis-inti buku ini-membuat Anda peka terhadap nilai-nilai kewajaran. Anda pun sigap bereaksi terhadap segala tindakan tak pantas, apalagi yang tak beradab. Kebaikan juga bukan lagi tuntutan, melainkan kenikmatan. Ibadah agama bukan sekadar kewajiban, tetapi anugerah terindah dari Tuhan. Dan yang terpenting, kebahagiaan tak lagi bergantung pada keadaan, tetapi bagaimana mengubah situasi tersebut. Bersama buku praktis ini, Khavari hadir menemani Anda memungut makna di balik setiap peristiwa, menemukan kejenakaan bahkan dalam hal-hal yang mengerikan, menjawab segala tantangan dan peluang serta menikmati segenap hasil kerja yang Anda dapatkan. Dengan demikian, menurut buku ini, keceriaan saban hari bukan lagi mimpi. Selamat menikmati lintasan hidup bertabur pelangi kegembiraan dengan menciptakan surga di setiap detik kehidupan. Inilah buku yang menjadi salah satu kunci untuk membuka pintu gerbang kebahagiaan. (Yudhiarma)

No comments: